Monday, April 28, 2014

Rhinitis: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

Apa itu Rhinitis?

Rhinitis adalah peradangan pada lapisan rongga hidung yang bisa disebabkan karena gejala alergi dan bisa juga disebabkan bukan karena alergi (Non-Alergi).

Rhinitis alergi biasanya terjadi ketika alergen tertentu yang mudah terbawa oleh udara terhirup oleh hidung. Rhinitis alergi ada yang terjadi secara musiman (seasonal allergic rhinitis: terjadi pada musim-musim tertentu misalnya saat musim semi dimana, banyak tanaman yang mengeluarkan serbuk sari), dan ada juga yang terjadi selama menahun (perrenial allergic rhinitis: biasanya disebabkan spora jamur, debu, bau-bauan tertentu, rokok, bulu hewan, dll)

Sedangkan untuk rhinitis non-alergi bisa disebabkan oleh alergen tertentu namun bukan karena faktor alergi, meskipun gejalanya sama seperti gejala rhinitis alergi.


Apa Penyebab Rhinitis?


Rhinitis Alergi

Rhinitis alergi terjadi ketika sistem imun mendeteksi suatu alergen atau material asing. Kemudian sistem imun akan mencoba menyingkirkan alergen tersebut dengan cara menghasilkan senyawa histamin. Histamin itulah yang menyebabkan terjadinya gejala rhinitis seperti bersin-bersin.

Kebanyakan material alergen pemicu alergi tidaklah berbahaya, namun karena seseorang memiliki alergi pada material tersebut, maka tubuhnya akan merespon material alergen sebagai material asing yang dianggap berbahaya.

Rhinitis alergi yang disebabkan oleh serbuk sari misalnya, yang mana merupakan jenis seasonal allergic rhinitis, biasanya terjadi pada saat musim semi atau musim gugur. Maka penderita akan mudah bersin-bersin jika ada pada musim tersebut.

Rhinitis Non-Alergi (Non-Allergic Rhinitis)

Rhinitis non-alergi adalah jenis rhinitis yang lebih sukar untuk di diagnosa. Hal ini karena bukan disebabkan oleh alergen dan tidak melibatkan sistem imun.

Gejala dari rhinitis non-alergi bisa terjadi secara singkat dan bisa juga terjadi dalam jangka panjang. Penyebab utama yang umum terjadi yaitu akibat perubahan cuaca, perubahan suhu/temperatur, suhu dingin, kelembaban udara, perubahan keadaan hormon, stress, makanan tertentu, bau-bauan tertentu, asap rokok, dan polusi udara. Selain itu beberapa jenis rhinitis non-alergi bisa juga disebabkan oleh efek samping obat-obatan tertentu, serta faktor tekanan darah.

Beberapa gangguan rhinitis non-alergi juga bisa disebabkan karena kelainan struktur dalam rongga hidung, misalnya akibat salurannya yang sempit.


Siapa Yang Beresiko Terkena Rhinitis


Orang yang keluarganya memiliki riwayat alergi, beresiko lebih besar mengalami gejala rhinitis dari pada orang yang bukan keturunan alergi. Lalu orang-orang yang memiliki alergi makanan tertentu juga bisa berpotensi menderita rhinitis.

Apa Saja Gejala Rhinitis?

Ciri dan gejala rhinitis bervariasi dari yang ringan hingga yang parah. Secara umum gejala rhinitis akan menyerang rongga hidung, tenggorokan, dan mata. Berikut ini gejala-gejala yang mungkin terjadi:
  • Bersin-bersin
  • Hidung tersumbat,
  • Tenggorokan gatal
  • Hidung ingusan
  • Hidung gatal
  • Mata gatal dan berair
  • Lendir di tenggorokan
  • Kehilangan penciuman
  • Letih
  • Batuk


Bagaimana Rhinitis di Diagnosa?

Untuk mendiagnosa rhinitis alergi, biasanya dokter akan melakukan pengecekan fisik dan melakukan tes alergi melalui tes darah atau melalu tes kulit (skin prick test). Dengan cara tersebut maka nantinya bisa ditentukan apakah seseorang menderita rhinitis alergi atau rhinitis non-alergi.


Bagaimana Rhinitis di Obati?

Cara terbaik untuk terhindar dari gejala rhinitis alergi adalah dengan menghindari alergen pemicunya. Jika Anda alergi pada bulu hewan, spora jamur, atau dengan alergen-alergen yang ada didalam rumah, maka Anda harus menjauhkannya. Jika Anda alergi terhadap serbuk sari atau terhadap alergen-alergen yang berasal di luar rumah, maka tutup rapat dan bersihkan rumah Anda secara rutin.

Jika Anda tidak dapat menghindari alergen pemicu alergi, biasanya obat-obatan seperti obat antihistamin, obat decongestan, dan obat semprot hidung khusus bisa membantu meringankan gejala yang muncul. Pilihan lain untuk mengobati rhinitis alergi yaitu dengan cara “allergy shots” atau Imunoterapi. Untuk mengetahuinya secara lebih lengkap, Anda bisa obrolkan dengan Dokter spesialis.

Sedangkan untuk meredakan gejala rhinitis non-alergi, bisa menggunakan obat semprot hidung Corticosteroid dan Antihistamin. Obat decongestan juga bisa digunakan jika mengalami hidung mampet. Apabila rhinitis terjadi karena masalah kelainan struktur rongga hidung, maka bisa diatasi dengan cara operasi.

Alternatif lain cara mengatasi rhinitis non-alergi adalah dengan pengobatan Akupunktur atau dengan pengobatan homeopathy. Selain itu, Anda juga bisa coba mengatasi gejala rhinitis secara alami berdasarkan panduan yang ada dalam ebook mengatasi bersin yang bisa anda dapatkan di situsnya www.mengatasibersin.com. Didalamnya terdapat panduan lengkap cara mengatasi gejala sering bersin-bersin akibat rhinitis non-alergi secara natural.

Sekian, semoga bermanfaat.

52 comments:

  1. Hmm, sekarang saya mengerti kenapa saya sering bersin-bersin dan pilek. Thanks.

    ReplyDelete
  2. Kenapa saat bangun tidur atau saat pagi hari hidung ku selau pilek dan bersin-bersin ya?
    padahal klo siang atau malem tidak pilek.

    ReplyDelete
  3. Saya suka kambuh kalo kedinginan dan musim dingin

    ReplyDelete
  4. Saya juga kalo musim hujan jadi susah nafas, malah sekarang telinga berdenging terus. Lihat di google istilahnya tinitus. Apakah ada hubungannya denga rhinitis..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi, kemungkinan itu komplikasi telinga, hidung, tenggorokan.

      Delete
  5. menghabiskan waktu di jepang selama musim semi seharusnya menyenangkan,, tetapi alergi yang saya alami membuat saya tidak nyaman sama sekali

    ReplyDelete
  6. Saya sudah 4 tahun sakit rhinitis. Sudah berbagai macam pengobatan saya jalani tapi tidak kunjung sembuh. Apa ini berbahaya untuk tubuh saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika dibiarkan cukup bahaya, anda harus mengetahui akar penyebabnya kalau mau sembuh. Jika dibiarkan lama nanti bisa menyebabkan munculnya komplikasi penyakit lain/penyakit baru.

      Delete
  7. setiap hari ketika cuaca dingin, terkena ac/ kipas angin hidung langsung tersumbat, dan bersin bersin. sampai sampai saya nafas melalui mulut. ini sudah saya alami cukup lama. berbahaya ngga ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dibiarkan akan semakin susah diobatin, Kemungkinan besar Anda mengalami peradangan selaput lendir/rongga hidung..

      Delete
  8. Saya di diagnosa oleh dokter menderita rhinitis. Hidung saya bengkok ke sebelah kiri. Dokter hanya memberi obat spray saja. Apakah saya bisa sembuh walaupun penyebab utama rhinitis saya yaitu hidung bengkok tanpa dioperasi dan dengan mengandalkan obat spray saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, asal mau mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

      Delete
  9. Saya kalau trkena angin ckup lama ap lg angin malam dgn wktu -+20menit hidung saya berlendir tersumbat bahkan smpai mata perih merah dan gatal, ap ini bsa d kategorikan rhinitis? Dan ap brbahaya jika d biarkan? Trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Anggi: Ya.. kemungkinan besar anda menderita Non-Allergic Rhinitis/Rinitis Vasomotor.

      Delete
    2. Awal'y flu,,lama" bersin" trs mata menjadi bengkak dan berair...Apakah trmsuk sya tdrkena rhinitis juga????sufah sefing ksli saya mengalami penyakit ini.Sampai" bernafas pke mulut.Berbahayakah kalu tudak segera di obati?

      Delete
    3. Bahaya, nanti bisa jadi komplikasi penyakit lain yang lebih kompleks. Saran saya segera diobati/ditangani..

      Delete
  10. Hidung saya terasa perih gatal dan berlendir campur darah. Apa itu sudah parah? Saya belum sempat ke dokter lagi sebelumnya pernah konsul alergi saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika disertai rasa sakit/nyeri dan berlendir kemudian anda menderita Sinusitis. Sinusitis diakibatkan oleh infeksi bakteri.

      Delete
    2. Saya kalau pagi" banget suka bersin disertai ingus, biasanya siangnya sudah gpp, tapi hari ini kok seharian penuh bersin" sampai gusi/gigi saya ngilu, apakah trmsuk rhinitis?

      Delete
    3. Iya gejala Rinitis Vasomotor (non-alergi), memang seperti itu gejala-gejalanya.

      Delete
  11. Saya sering bersin- bersin dan rhinitis tapi kenapa tiap hari kepala saya sakit apa ini ada pengaruhnya?? Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan anda menderita 2 penyakit yang berbeda.
      Jika anda juga merasakan sakit di area wajah, kemungkinan anda menderita penyakit Sinusitis.

      Delete
  12. hi saya sudah dri kecil sudah didiagnosa alergi (ada riwayat alergi dlm kel). saya aleri thdp banyak hal, spt telur, ayam, suhu yang rendah/dingin, perubahan suhu yang mendadak, ataupun perubahan pencahayaan (dri gelap tiba' jdi terang) yang saya mau tnya saya termasuk rhinitis alergic atau non-alergic ya? terus pengobatan yg disarankan diatas apakah akan berbahaya kalau tnpa resep dokter?
    Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar anda menderita Rinitis non-alergi.
      Jangan bergantung pada obat-obatan kimia/sintetis dalam jangka panjang, berbahaya.

      Delete
  13. Saya sering bersin" kalau terkena debu,bau"an yg menyengat lama" mata saya menjadi bengkak.sydah sering saya alami.Berbahayakah,,,sudah seting saya mengalami penyakit ini,,pnyakit sya ternasuk Rhinitis bkn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sering pilek dan bersin-bersin berulang kemungkinan besar Ya..

      Delete
  14. Saya penderita rhinitis non alergi sudah 5 tahun, karena deviasi septum, walau sudah di operasi masih suka kambuh, apa lg kalau cuaca lagi gak jelas, pusing lemas, nafas berat, lengkap banget.

    ReplyDelete
  15. Saya ngga tau penderita rhinitis apa? Karena jika terkena debu atau kapuk dri bantal.hidung saya gatal,berair,bersin2n.tenggorank gatal dan skit,pusing ,mata bengkak dan berair dn lemas pkokny susah bernafas gejala ini sdh lama mulai dri kecil hingga skrang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan anda menderita alergi pada debu dan kapuk.

      Delete
  16. Saya tidak tahu apakah saya masih dikategorikan penderita rhinitis alergi atau tidak. Dulu saya pernah didiagnosa rhinitis, saat itu memang hidung saya mampet luar biasa, dan saat itu ada sinus juga. Untuk masalah flu dan bersin2, saya memang sudah mengalami itu sejak kecil, biasanya dipicu debu dan udara dingin. Sampai sekarang pun masih demikian. Apakah saya masih dikatakan penderita rhinitis alergi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak, jika anda sering mengalami pilek dan bersin-bersin terus kemungkinan anda menderita rinitis vasomotor.

      Delete
  17. Utk pemeriksaan pertama kali sebaiknya ke dokter apa? Ke THT atau spesialis alergi? Rencana minggu ini mau periksa. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Check ke Dokter spesialis THT yang kualitasnya bagus.

      Delete
  18. mata saya sering sekali gatal luar biasa teruta setiap pagi dan malam , lalu bersin bersin berulamg kali apakah itu rhinitis , jika iya itu yg alergi atau tidak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Analisa penyebab/pemicu rasa gatal dan bersin-bersin nya, jika ada pemicunya, maka itu rinitis alergi.

      Delete
  19. mata saya sering sekali gatal , berair, dan suka bersin bersin berulang kali , terutama saat pagi hari dan malam hari , apakah saya sakit rhinitis , jika iya itu alergi atau tidak
    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda menderita rinitis non-alergi (Rinitis Vasomotor).

      Delete
  20. Langit2 belakang tenggorokan saya tiap malam sering gatal2 ada bercak merahnya juga, siangnya mata saya gatal2, pilek bersin2 hidung tersubat juga saya alami. Apakah saya menderita rhinitis? Arigatou

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kemungkinan anda menderita alergi dan Rhinitis Alergi.

      Delete
  21. Saya didiagnosa Rhinitis stelah diradiologi. Septum nasi di tengah, hipertrofi konka dan penebalan mukosa cavum nasi. Sinus paranasal bersih. Dinding sinus intak. Itu maksudnya apa ya.
    Sudah diberi obat oleh dokter tapi hidung masih mampet setiap hari. Apakah perlu dioperasi? Kalau dioperasi apakah bisa kambuh lagi?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rhinitis tidak bisa disembuhkan dengan obat-obatan sintetis dari Dokter.
      Di operasi bisa saja sembuh, asal dilakukan dengan benar dan Dokter yang sudah ahli.

      Delete
  22. saya juga pernah didiagnosa rhinitis, dulu waktu smp sempat rotgen juga dan kata dokternya masih normal. dulu sampe saya merasa mencium bau (tapi hanya saya sendiri yg nyium bau itu, spt bau kalau hidung kita kemasukan air(tenggelam)
    sampai sekarang saya masih suka gampang bersin dan hidung tersumbat terutama saat suhu/cuaca dingin, spt kena angin pagi,atau kena AC, juga kalo kena debu.
    hidung belakangan sering gatel juga.
    dulu sempat pakai obat semprot hidung tp saya rasa tdk ada gunanya, obatnya cuman nganggur.
    sekarang sdh 23 thn, beberapa minggu ini saya mulai merasakan gejala sama spt dulu,
    sering pilek,hidung mampet, bersin bersin dan yg paling mengganggu adalah sakit kepala, senut senut gitu, apa saya termasuk penderita rhinitis non alergi ya? mohon sarannya..terimakasih :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika anda sering gampang pilek dan bersin-bersin saat terkena suhu udara dingin, kemungkinan besar anda menderita rinitis non-alergi (rinitis vasomotor).

      Delete
  23. jika kena kapuk, bau deterjen,debu atau kena bulu kucing biasanya mata saya gatal berair,telinga gatal,bersin2 hidung melek dan tnggorokan sangat sakit dan gatal dan sangat susah bernafas tetapi kalau kena ac biasanya berhenti
    ini termasuk alergi jenis apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan Anda menderita rinitis alergi, alergi pada debu, bulu kucing, dll..

      Delete
  24. Saya sering bersin berulang ulang kali, hidung saya tersumbat dan berair, seringkali juga mata saya bengkak gatal dan berair biasanya dipicu oleh debu, bau yg tajam dan udara dingin juga sering kambuh pada pagi hari apakah saya termasuk penderita rinitis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, jika anda sering bersin-bersin/gampang pilek kemungkinan anda menderita Rinitis.

      Delete
  25. Saya sering flu dan bersin2 pagi hari, perubahan cuaca ekstrem (kepanasan/kedinginan) dan kadang flunya itu seperti air. Dan kalo saya stres saya bersin2 sama flu juga. Apa saya terkena rinitis?? Makasi dokk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kinanti, sepertinya kamu menderita kondisi Rinitis Vasomotor.

      Delete
  26. Saya sering flu bersin saat pagi hari,klo sudah bersin gak berhenti2,terus mata merah gatal,hdg sy berair...

    ReplyDelete
  27. Saya sering bersin" di pagi hari. Siang harinya kadang berhenti kadang masih. Kondisi ini sudah berlangsung 10tahunan. Apakah saya terkena rhinitis vasomotor? Dan karena sudah 10 tahunan apakah ini berbahaya? Jika berbahaya atau menimbulkan komplikasi,,komplikasi seperti apa yang bisa terjadi?
    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, benar.
      Anda menderita penyakit tersebut dalam jangka panjang karena anda tidak tahu penyebabnya dan tidak segera mengatasinya. Jika anda ingin tau penyebab dan cara mengatasinya secara lebih detail saya sarankan anda membaca e-Book Mengatasi Bersin yang ada di www.mengatasibersin.com

      Delete