Apa Anda Sering Bersin-Bersin Terus Menerus? Bisa Jadi Gejala Rhinitis

Cara Mengatasi Rhinitis/Rinitis Secara Alami dan Efektif 


pilek dan bersin-bersin terus

  Ilustrasi: Seseorang yang suka pilek dan bersin berkali-kali saat baru bangun tidur dipagi hari

 

Pada artikel kali ini saya ingin berbagi pengalaman, mengenai bagaimana cara mengatasi penyakit rhinitis secara alami, silahkan dibaca sampai selesai...

Dulu, saya sering kali bersin-bersin setiap bangun tidur di pagi hari, padahal dulu saya tidak pernah mengalami hal seperti ini. Bersin-bersin bisa terjadi berkali-kali dan hidung sering mengeluarkan cairan lendir (meler). Kondisi ini terjadi sejak 2 tahun lalu setelah beberapa bulan bekerja di sebuah perusahaan di Jakarta.

Pada mulanya, saya kira saya hanya menderita pilek menahun/flu menahun, tetapi ternyata saya salah. Setelah mendapatkan dari berbagai informasi, ternyata saya menderita gejala rhinitis. Kemudian saya pikir saya menderita rhinitis alergi, tetapi setelah membaca buku mengatasi bersin, ternyata saya tidak mengalami rhinitis alergi, melainkan saya menderita rhinitis vasomotor.

Rhinitis vasomotor ini gejala utamnya yaitu sering bersin-bersin terus di pagi hari (hampir setiap pagi) dan mengeluarkan lendir/ingus dari hidung. Rhinitis vasomotor ini sering kali disebabkan oleh perubahan temperatur dan suhu dingin, itulah kenapa penderita rhinitis jenis ini sering kali bersin-bersin di pagi hari.

Rhinitis vasomotor ini adalah jenis rhinitis yang penyebabnya sering kali berkaitan dengan kondisi saraf dan otot yang menyebabkan pembuluh darah disekitar hidung melebar. Sehingga membuat si penderita menjadi sangat sensitif dengan suhu dingin dan akhirnya sering bersin-bersin tiap pagi atau tiap selesai mandi.

Saya sendiri dulu sudah pernah pergi ke dokter spesialis telinga hidung dan tenggorokan (THT) untuk memerikasakan kondisi saya, dan menurut sang dokter saya memang kemungkinan menderita gejala rhinitis.

Saya pun sudah pernah mengkonsumsi beberapa jenis obat-obatan antihistamin, dekongestan, nasal spray (obat semprot hidung) yang di resepkan oleh dokter, namun tidak ada satupun yang membuat saya sembuh total.

Lalu saya pun baru tahu bahwa rhinitis alergi atau rhinitis vasomotor itu memang tidak bisa disembuhkan secara total dengan hanya mengkonsumsi obat-obatan, karena obat hanya untuk meringankan gejala rhinitis yang muncul saja agar tidak terlalu mengganggu aktivitas. Sedangkan jika tidak mengkonsumsi obat-obatan tersebut, maka bersin-bersin sering kali terjadi lagi dan lagi disetiap pagi.

Karena saya sadar bahwa ketergantungan obat itu tidak baik, karena pada dasarnya obat adalah bersifat racun yang tebuat datri bahan sisntetis/kimia. Akhirnya saya memutuskan untuk mengikuti pengobatan secara alami seperti yang di jelaskan dalam buku mengatasi bersin.

Pada umumnya, pengobatan rhinitis bertujuan untuk mengurangi gejala yang disebabkan oleh peradangan. Untuk kasus rhinitis alergi misalnya, cara paling efektif untuk mengurangi gejala alergi adalah dengan menghindari, menjauhi atau menyingkirkan alergen penyebabnya, misal dengan menghindari atau membersihkan ruangan dari debu, jamur atau dari serbuk sari yang mungkin masuk ke ruangan Anda.

Sedangkan pada kasus rhinitis vasomotor biasanya cukup sulit dihindari, karena pemicu gejalanya yaitu udara dingin atau perubahan suhu/cuaca yang mana sulit dikontrol dan dihindari.

Kondisi rhinitis khususnya rhinitis vasomotor tidak bisa diobati dengan hanya mengkonsumsi obat-obatan saja, karena termasuk dalam kategori rhinitis non-alergi (non-allergic rhinitis). Sehingga untuk bisa sembuh dan tidak suka bersin-bersin lagi Anda perlu melakukan treatment-treatment tertentu yang bisa menstabilkan fungsi saraf, otot, dan sistem kekebalan tubuh (sistem imun).

Untuk mengatasi rhinitis secara efektif, saya sarankan Anda membaca buku mengatasi bersin yang bisa anda dapatkan di website https://mengatasibersin0.blogspot.com. Didalamnya terdapat penjelasan lengkap tentang cara mengatasi bersin-bersin akibat rhinitis secara alami dengan treatment-treatment tertentu yang mudah diikuti.

Dulu, setelah saya melakukan semua panduan yang ada didalam buku tersebut, secara bertahap gejala bersin-bersin jadi mulai berkurang dan jadi sangat jarang. Bahkan kini saya hampir tidak bersin-bersin lagi di pagi hari. Jika Anda sering bersin-bersin akibat gejala rhinitis, maka panduan dalam buku  mengatasi bersin ini sangat saya rekomendasikan untuk Anda baca.


Selamat mencoba...

No comments:

Post a Comment